Cara Reset Factory Setting Pada BlackBerry

Melakukan reset atau mengembalikan kondisi system ke semula kerap dijadikan langkah awal untuk mengatasi kendala yang dialami BlackBerry. Ada beberapa jenis reset. Cara dan fungsinya berbeda.

1. Soft Reset : Cara ini kerap digunakan membersihkan log/ log cleaner atau mengurangi file yang kurang penting. Cara melakukannya mudah, yaitu dengan menekan tombol [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete]

2. Double-Soft Reset
Double – Soft Reset akan menghentikan semua aplikasi. Untuk melakukannya  pertama, lakukan soft reset hingga layar menjadi hitam, tekan [Alt] + [Capslock Kanan] + [Delete] kembali. Layar akan kosong sampai ikon jam pasir muncul. Tunggu hingga system sudah kembali normal.

3. Hard Reset
Lakukan Hard Reset jika terjadi masalah pada jaringan/network, software atau hardware. Reset jenis ini bisa dilakukan dengan mencabut batere selama 30 second, kemudian pasang kembali baterai. Nyalakan BlackBerry maka perangkat BlackBerry akan berjalan seperti saat awal digunakan.

Jika masalahnya tidak bisa diatasi, anda bisa menggunakan tindakan Wipe, sinkronisasi dengan BlakckBerry Desktop Manager yang terinstall di komputer atau mengaktivasi ulang perangkat server BlackBerry. Wipe BlackBerry itu adalah Hard Reset, efeknya, perangkat seperti dibersihkan dan sistem diinstall ulang. Namun Sebelumnya anda dianjurkan untuk membackup data terlebih dahulu kedalam komputer.

Setelah data terbackup, proses wipe dapat anda lakukan, dari menu BlackBerry pilih Options, Security Options > General Setting, tekan tombol menu BlackBerry diperangkat pilih option [Wipe handled]. Centang opsi [Include Third party Application] untuk menghapus data-data aplikasi yang terinstal di BlackBerry. Pilih Continue, lalu ketikkan blackberry (atau password yang anda gunakan). Hard Reset memerlukan waktu proses yang cukup lama, terlebih lagi apabila anda menggunakan fitur proteksi data. Sekali melakukan Wipe, anda tidak bisa menghentikan dan membatalkannya.

Setelah proses Wipe dilakukan, proses restore data bisa dilakukan. langkah awalnya seperti proses backup, namun pada menu berikutnya, anda harus memilih opsi Restore dan mengikuti proses yang dituntun. Setelah data selesai dikembalikan, lakukan tindakan new HRT dan mengirim ulang Service Book.

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Label

Recent Post

Total Pageviews